Visi dan Misi DPMPTSP

by Admin, Posted on: 08 Mar 2018, 04:15

VISI DPMPTSP KAB. KEDIRI

Visi merupakan cara pandang jauh ke depan dari suatu lembaga/institusi yang harus dibawa agar tetap konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif dan produktif dalam menghadapi perubahan global. Visi juga merupakan suatu gambaran masa depan yang ingin diwujudkan oleh suatu organisasi dalam kurun waktu tertentu.

Sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten Kediri, visi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kediri adalah :  “ TERWUJUDNYA KABUPATEN KEDIRI SEBAGAI DAERAH TUJUAN INVESTASI YANG DIDUKUNG OLEH PELAYANAN PERIZINAN YANG  MUDAH, CEPAT, AKURAT, TRANSPARAN DAN AKUNTABEL ”

 

MISI DPMPTSP KAB. KEDIRI

Adapun misi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kediri untuk mencapai visi tersebut adalah :

  1. Mendorong terwujudnya kerjasama perencanaan dan pengembangan Penanaman Modal dengan instansi yang terkait ;
  2. Mewujudkan promosi investasi yang efektif dan efisien dalam mempromosikan potensi investasi daerah dan pelayanan perizinan yang kondusif dengan berpedoman pada sendi-sendi dasar pelayanan prima, guna meningkatkan minat berinvestasi   ;
  3. Mendekatkan dan memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat. 

 

TUJUAN DAN SASARAN DPMPTSP KAB. KEDIRI

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi.  Tujuan juga menggambarkan isu-isu strategis yang merupakan pokok-pokok permasalahan yang hendak diatasi. Tujuan yang ingin dicapai sejalan dengan Visi dan Misi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kediri adalah :

  1. Meningkatan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan yang didukung SDM dan sarana prasarana yang berkualitas ;
  2. Meningkatkan jumlah investasi yang berasal dari penanaman modal asing maupun penanaman modal dalam negeri guna terciptanya lapangan kerja ;
  3. Adanya monitoring dan evaluasi terhadap keakuratan data Perusahaan yang telah terdaftar ; 
  4. Terciptanya iklim investasi yang berdaya saing tinggi/global sehingga dapat mewujudkan peran serta masyarakat dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perizinan ;
  5. Adanya jaminan berjalannya produk hukum dan peraturan perundang-undangan yang telah disusun secara baik dan berkelanjutan.

Sasaran utama pelaksanaan program dan kegiatan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten kediri sesuai dengan Rencana Strategis Tahun   2016 – 2020  adalah sebagai berikut :

  1. Sistem kelembagaan yang efektif, efisien dan akuntabel yang didukung SDM dan sarana prasarana yang berkualitas;
  2. Realisasi Investasi PMA/PMDN didukung dengan data Perusahaan yang akurat;
  3. Peningkatannya mutu/kualitas pelayanan perizinan yang didukung oleh pelayanan perizinan dengan system online ;
  4. Terjaminnya konsistensi peraturan dan program antar level pemerintahan dan antar unit kerja, peningkatnya kualitas produk hukum dan  terlaksananya penegakan hukum yang jujur dan adil.

 

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN DPMPTSP KAB. KEDIRI

Dalam rangka pancapaian tujuan yang tepat pada sasaran yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis tahun 2016 – 2020, selanjutnya  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kediri selaku unsur pemerintahan mengambil kebijakan utama yaitu MEWUJUDKAN PENYELENGGARAAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIZINAN YANG BERORIENTASI PADA KEPUASAN MASYARAKAT, YANG DIDASARKAN PADA SENDI-SENDI DASAR PELAYANAN PRIMA ”.

Dengan mengacu dan menitikberatkan pada kebijakan dimaksud, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kemudian menyusun Langkah dan Strategi untuk lima tahun kedepan yaitu :

  1. Menumbuhkan simpati positif tentang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di tengah tengah masyarakat ;
  2. Meningkatkan sistem dan kualitas pelayanan prima dengan optimal ;
  3. Meningkatkan integritas aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu terhadap pelaksanaan tugasnya ;
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengurusan izin dengan penyuluhan ke seluruh wilayah Kabupaten  Kediri ;
  5. Meningkatkan minat masyarakat untuk mengurus izin dengan memberikan kemudahan, kecepatan dan kelancaran ;
  6. Memberi informasi yang jelas pada pemohon sehingga tidak mempersulit pemohon dalam pengurusan izin ;
  7. Membebaskan proses perizinan dari tindakan pungutan tambahan yang meresahkan masyarakat ;
  8. Membebankan biaya perizinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku ;
  9. Menciptakan tertib administrasi dalam proses ketata usahaan maupun proses perizinan.